Unik! Bangunan ini Punya ” Jilbab” untuk Atur Suhu

Sejatinya, jilbab digunakan untuk menutup aurat pada kaum wanita. Tetapi, bangunan ini sengaja menggunakan ajilbaba untuk mengatur suhu fluktuatif pada ruangan. Unik, kan ?

Kali ini, inovasi menakjubkan datang dari pusat kesehatan yang berada di Uni Emirat Arab( UEA ). Pusat kesehatan ini memiliki arsitektur khusus seperti layaknya diselimuti oleh jilbab. Pusat kesehatan yang tak lazim ini diperuntukan untuk wilayah Al Ain, salah satu dari empat kota terbesar yang berada di UEA.

Jika diamati, bangunan besutan firma arsitektur, tampak seperti menara yang menjulang tinggi dengan fasad trasnformasi berbentuk jilbab yang berguna untuk menstabilkan suhu termal yang ada di wilayah Al Ain. Diketahui, daerah tersebut memiliki suhu termal yang fluktuatif( labil ).

Dilansir dari inhabitat.com ternyata Philippe Barriere Collective( PB+ Co) merancang bangunan ini dengan tujuan sebagai badge karya seni kombinasi dari barat dan pengobatan alternatif, melalui praktik pelestarian alam dan teknologi.

Komplek medis tersebut akan berada di sekitar danau Al Ain, tempat bagi banyak spesies tanaman yang menarik burung, ikan, dan reptil serta binatang lainnya sebagi bentuk keanekaragaman hayati. Daerah tersebut dipilih juga sebagai tempat rehabilitasi dan penyembuhan pasien.

Selain itu, Pemerintah Kota Al Ain ingin membuat sebuah projek yang ikonik yang mana dapat mewujudkan sebuah ide tentang kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi ramah lingkungan, dan teknologi medis yang terhubung dengan alam.

Akhirnya hal tersebut menghasilkan menara yang memiliki Chelation Clinic, Pusat Integrasi Kesehatan Gigi, Klinik Penyembuhan, dan bungalow sebagai hunian bagi pasien. Keren ya!

Teks Zeldjian Poetera Athallah Foto inhabitat.com

Editor Irfan Hidayat

The post Unik! Bangunan ini Punya ” Jilbab” untuk Atur Suhu showed first on Rumah Guide.

Read more: