Jurus Jitu Melancarkan Sirkulasi Udara Ala Wijoyo

Hunian di rumah Anda terasa pengap? Tip dari Wijoyo Hendromartono, arsitek, berikut ini dapat membuat sirkulasi udara di rumah Anda jadi mengalir .

Wijoyo Hendromartono mengungkapkan bahwa rumah yang pengap dan panas pada umumnya dikarenakan sirkulasi udaranya tidak baik, sehingga udara tidak bisa mengalir dan bergerak dengan lancar. Udara yang masuk terperangkap di dalam rumah pada akhirnya membuat ruangan terasa panas dan pengap. Oleh sebab itu, Anda perlu merancang bukaan yang tepat agar udara dapat mengalir atau bergerak dengan leluasa.

Menurut Wijoyo, adanya bukaan dan ruang terbuka di bagian dalam rumah akan memudahkan udara mengalir dan bergerak. Bukaan yang baik perlu besaran yang cukup dan harus menyilang. Jangan tempatkan bukaan untuk udara masuk tegak lurus dengan bukaan untuk udara keluar. Artinya, apabila bukaan masuk ditempatkan di bagian bawah, tempatkan bukaan keluar di bagian atas. Terapkan prinsip yang sama, apabila bukaan masuk berada di sisi sebelah kiri, tempatkan bukaan keluar di sebelah kanan.

Dengan menerapkan prinsip ventilasi menyilang ( cross ventilation ) ini, niscaya udara di dalam rumah akan menjadi mengalir lebih baik. Biarkan beberapa bukaan, seperti teras untuk tetap terbuka agar sirkulasi udara lebih nyaman. Selain itu, maksimalkan bukaan-bukaan dan jendela agar dapat mengalir dan bergerak dengan baik.

Teks Irfan Hidayat Ilustrasi Wijoyo Hendromartono

Editor Irfan Hidayat

The post Jurus Jitu Melancarkan Sirkulasi Udara Ala Wijoyo appeared first on Rumah Guide.

Read more: