Ini Caranya Mengurangi Udara Lambap di dalam Ruang

Udara yang terlalu lembap dapat merusak “cat-o-nine-tail” dinding dan furnitur. Bagaimana cara mengurangi kelembapan dalam ruang?

Udara lembap dapat menjadi penyebab berbagai kerusakan. Salah satunya adalah noda yang menyerupai ompol pada dinding. Selain itu, akibat udara lembap, “cat-o-nine-tail” dinding juga mudah menggelembung, lalu mengelupas. Hal ini akan mengganggu keindahan dinding dan ruangan.

Jika Anda mengatasi hal ini dengan langsung mengecat dinding yang masih lembap, masalah akan selesai untuk sementara. Namun beberapa minggu kemudian akan kembali muncul bercak ompol.

Kelembapan yang tinggi juga bisa merusak furnitur. Pada kursi kayu, contohnya, akan terdapat bercak putih yang disebabkan oleh jamur. Jika kondisi lembap ini diabaikan, furnitur akan semakin kusam dan kayu cepat rusak.

Inilah 2 jenis alat yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi kadar kelembapan di dalam ruang.

1. Air purifier yaitu alat pemurni udara. Alat ini memiliki tiga kemampuan, yakni menjaga udara di ruangan agar selalu bersih dan steril karena dilengkapi dengan ion plasmacluster , filter , dan fungsi humidifier .

Adanya fungsi humidifier menyeimbangkan kelembapan ruangan dalam batas ordinary, yaitu di angka 40% -6 0% RH. Kelembapan akan dikondisikan dalam batasan ukuran tersebut, sehingga mengurangi virus, bakteri, dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Dry gelatin terbuat dari butiran karbon aktif( arang ), calcium clorida , bentonite atau tanah liat. Dry gel ini menyerap kadar air dan bau di dalam ruang. Dry gel tidak berbau atau menghasilkan zat kimia berbahaya seperti pewangi.

Satu unit produk ini efektif digunakan untuk ruang kecil dan tertutup, maksimal ukuran 3 x 4m dengan posisi setinggi kepala orang. Produk ini bisa dipakai hingga tiga bulan, tergantung tingkat kelembapan udara. Jika dry gelatin ini cepat berubah menjadi gel, artinya tingkat kelembapan di ruangan tersebut cukup tinggi.

TeksA Puspita Dewi Foto Tan Rahardian

Lokasi Kediaman Swan Kumarga dan Heru Kumarga, Sunter, Jakarta Utara

Editor A Irfan Hidayat

The post Ini Caranya Mengurangi Udara Lambap di dalam Ruang appeared firstly on Rumah Guide.

Read more: